Jumat, 13 Juli 2012

CARA MERAWAT PRINTER


Printer ialah sebuah kebutuhan yang wajib bagi pemilik sebuah komputer, perkantoran, toko, dll. Printer ialah alat yang dapat Anda gunakan untuk mencetak dokumen baik berupa tulisan, gambar, dan lain-lain dari komputer ke media kertas atau sejenisnya.
Printer tersedia dalam berbagai merek yang beredar di pasaran seperti Epson, Hewlett Packard (HP), Canon, Lexmark, dll.
Selain berbagi merek yang disediakan, Anda harus mengetahui pula beberapa tipe printer yang disediakan di pasaran, yaitu printer inkjet, printer laser jet, dan printer dot matrik. Printer yang biasa menjadi satu paket dengan pembelian printer baru yang ialah printer inkjet.
Printer inkjet merupakan jenis printer yang menggunakan tabung isi tinta di luar printer sehingga Anda tidak perlu repot harus membongkar printer jika mengisi ulang tinta. Printer ini paling banyak digunakan oleh masyarakat atau usaha kecil seperti warnet. Hal ini karena harga dari printer inkjet relatif murah.
Printer inkjet murah ini dapat Anda miliki mulai harga Rp.400.000,- saja. Ada beberapa merek printer inkjet yang direkomendasikan yaitu Canon MP 258, Epson L200, HP F2476. Namun jika Anda menginginkan printer murah dapat memilih Epson L100 dan Epson L200.
Kekurangan dari printer inkjet dan printer lainnya ialah pada bagian kerusakan. Mengingat printer merupakan salah satu alat yang penting, maka sebaiknya Anda merawat printer dengan baik. Ada beberapa tips merawat printer ink jet, printer laser, maupun printer biasa agar awet dan tahan lama.
  1. Gunakan printer sesering mungkin, jangan sampai printer tidak digunkan sama sekali. Printer inkjet yang dibiarkan lama akan menyebabkan tinta di head cartridge kering, sehingga akan menyumbat proses pengeprint-an.
  2. Manfaatkan Clean Head pada printer secara berkala untuk tetap menjaga tinta keluar dengan lancar.
  3. Jagalah kebersihan printer secara teratur, jangan sampai ada benda asing yang masuk sehingga menyebabkan printer macet dan tidak awet
  4. Matikan printer dengan tombol power, agar posisi cartridge kembali ketempat semestinya. Maka dari itu jangan membiasakan mematikan printer melalui stop kontak.
  5. Pastikan kertas sesuai dengan printer. Kondisi kertas harus sesuai tidak terlalu tipis atau terlalu tebal, dan yang terpenting kertas tidak kusut agar printer tetap awet dan tahan lama.
  6. Gunakan tinta refill yang direkomendasikan agar hasil cetakan printer tetap berkwalitas
  7. Segera isi ulang tinta jika sudah menunjukkan tanda habis. Tinta yang kosong akan menyebabkan tersumbatnya head cartridge.
  8. Disarankan tidak membongkar casing printer jika belum ahli, karena kesalahan sedikit akan menyebabkan kerusakan
  9. Jangan menyentuh chip cartridge dengan tangan, karena dapat mempengaruhi aliran listrik statis dan mengganggu komponen tersebut.
Dengan 9 cara merawat printer agar awet dan tahan lama seperti diatas diharapkan dapat berguna bagi Anda semua.

TIPS MERAWAT PRINTER

 Meskipun saat ini harga sebuah printer, khususnya printer inkjet relatif lebih murah jika dibandingkan dengan harga catridge tintanya sendiri, ada baiknya kita tetap merawat printer yang kita pakai agar tetap awet dan hasil cetakannya tetap terjaga kualitasnya. Dibawah ini ada beberapa tips dalam perawatan printer (terutama jenis inkjet) berdasarkan pengalaman penulis yang mudah-mudahan bisa membatu.

1. Gunakan Printer secara berkala.
Banyak pengguna printer terutama printer milik pribadi yang tidak mengetahui hal ini, saya sendiri sering mendapat keluhan dari  temen-temen yang mendapati hasil cetakan printer kurang bagus padahal printernya ga pernah dipake. Mereka tidak menyadari kalau Printer yang lama tidak digunakan bisa mengakibatkan tidak lancarnya aliran tinta pada nozle sehingga kualitas cetakan kurang bagus. Untuk menjaga printer tetap awet dengan kualitas cetakan yang bagus, gunakanlah printer untuk mencetak dokumen hitam dan berwarna 1-2 lembar secara periodik 2 - 3 kali seminggu. Apabila catridge tinta telah kosong segeralah ganti dengan yang baru.

2. Bersihkan Printer dari kotoran.
Menjaga kebersihan diluar dan di dalam Printer merupakan langkah yang tidak kalah pentingnya untuk menjaga agar printer tetap awet. Saya pernah mendapati printer yang tidak bisa ngeprint dengan indikator paper jammed, setelah saya cek ternyata terdapat sisa kertas yang mengganjal pada bagaian sensor kertas. Terutama apabila printer yang kita gunakan adalah jenis dot matrik, dimana kertas yang digunakana merupakan jenis continuous yang meninggalkan sisa-sisa kertas ketika selesai nge-print. Klo ada gunakanlah vacum cleaner kecil untuk menarik debu dan kotoran dari dalam printer.

3. Berilah Gemuk / Pelumas.
Sesekali setelah dibersihkan berilah gemuk atau pelumas pada bagian poros tempat head printer atau catridge agar bisa bergerak dengan lancar. Dengan lancarnya pergerakan dari head printer atau catridge, diharapkan bisa menjaga kondisi printer tetap baik dan akhirnya printer menjadi lebih awet.

4. Hati-hati mengganti Catridge Tinta.
Kehati-hatian adalah hal yang utama, tak terkecuali dalam merawat printer. Salah satunya adalah ketika kita hendak mengganti catridge printer dengan yang baru. Maklum saja dalam catridge ini terdapat titik-titik conduktor penghubung aliran listrik. Biasanya setelah dibuka cover bagian atas, catridge akan bergerak dan diam ditengah. Dalam kondisi tersebut kita bisa mengganti catridge dengan yang baru. Pastikan posisinya sudah terpasang dengan benar dan baru cover ditutup kembali.

5. Gunakan Diagnostic Tools.
Apabila terdapat masalah pada hasil cetakan printer, gunakanlah tool diagnostic yang biasanya terdapat dalam menu maintenance printer. Jalankanlah perintah seperti cleaning nozzle, print head alignment, roller cleaning dll sebagai salah satu cara untuk me-maintenace dan merawat printer Anda.

6. Saat terjadi Paper Jammed
Kondisi paper jammed (kertas macet), merupakan hal yang bisa merusak mekanik printer. Apabila terjadi paper jammed lakukan hal sebagai berikut:
  • Matikan Printer dengan mencabut kabel power.
  • Bereskan kertas yang macet secara hati-hati, kalau hendak mencabut kertas tariklah kertas searah dengan arah keluar kertas.  misalnya untuk tipe Canon 1980 dimana kertas dimasukkan dari bagian atas, maka tariklah kertas ke bagian bawah.
  • NB: Jangan matikan printer dengan mencabut kabel power kalau tidak terpaksa. Matikanlah printer dengan menekan tombol OFF.
  • Untuk mencegah paper jammed gunakanlah kertas yang baik (tidak lusuh/lecek)
7. Gunakanlah Tinta yang Asli
Harga catride yang asli memang lebih mahal apabila dibandingkan dengan kemasan refill tetapi apabila printer yang anda gunakan juga tidaklah murah, dan kualitas cetakan merupakan hal yang utama maka lebih baik gunakan selalu tinta original.

8. Bersihkan Tempat Pembuangan Limbah Tinta.
Untuk printer yang sering digunakan, sesekali periksalah kodisi tempat penampungan limbah (waste ink tank) yang terdapat didalam printer. Jagalah jangan sampai luber dan mengotori printer Anda. Klo perlu mintalah bantuan temen Ada yang mengerti cara membersihkan tinta yang terdapat dalam waste ink tank ini.

sumber :  http://pusatteknologi.com
               http://www.catatanteknisi.com


=========================================================================


Kami memberi penawaran kerjasama 
cetak di Jogja

GRATIS KONSULTASI HARGA CETAK KALENDER
BUKTIKAN KUALITAS DAN MURAHNYA




KUDUS, JAWA TENGAH



 Hotel Ina Garuda Yogyakarta


 PEKAN BARU, RIAU




Order dari Palu




Order Pontianak Kota



ORDER JOGJA


CILACAP
Info kerjasama bidang percetakan lintas nusantara :
085739516973 / 0274 9872333 (candra)
www.transmediajogja.blogspot.com
email/fb : candra_finishing@yahoo.com
Bagi yang ingin bermitra
GRATIS KONSULTASI HARGA CETAK


Paket Produk Cetak & Desain Kami Antara Lain:
Perkantoran :
Logo, Company Profile, Kartu Nama, Kop Surat, Amplop, Faktur, Nota, Block Note, Buku Resep, Shoping Bag, Agenda, Kwitansi. Folder/map.dll.

Promosi :
Brosur, Poster, Flayer, Leaflet, Stiker, Katalog, Dll.

Publikasi & Penerbitan :
Undangan, Kartu Ucapan, Voucher, Aneka Buku, Buku Tahunan Sekolah, Buletin, Majalah, Tabloid, Kalender, Spanduk Digital, X-banner, Kemasan, Etiket, Dll 

FINISHING :
Laminating Doff & Glossy, Spot UV, Pond, Poly Embos, Emas & Perak, Spiral, Lipat, Numerator, Jilid, Perfurasi, Lem Panas, Jahit Kawat/jahit Benang.


Melalui website  ini, kami berharap dapat  mempermudah Anda menjangkau layanan cetak berkualitas tinggi yang kami sediakan , yaitu dengan 7 langkah yang mudah:
  1. Anda mengirim desain Anda sendiri atau desain dari kami
  2. Kami konfirmasikan desain kepada Anda apakah sudah boleh/ siap dicetak
  3. Anda transfer uang muka (50% dari nilai order)
  4. Cetakan yang Anda pesan selesai kami kerjakan
  5. Anda transfer pelunasan pembayaran & ongkos kirim
  6. Kami kirim Pesanan Anda melalui perusahaan-kurir mitra kami atau mitra Anda
  7. Selesai

Office : Jl.Imogiri Timur Km. 5, Tamanan, Yogyakarta 55191

Email : Candra_finishing@yahoo.com

CP     : (0274) 9872333 / 085729830354 / 085739516973

 

 ..............................................................................................................................................


kami memberikan penawaran :

Koleksi kertas yang biasa digunakan untuk percetakan baik jenis maupun gramaturnya (lebih dari 30 jenis)

Dengan fasilitas :

1. Free (GRATIS) DVD koleksi desain dan gambar format corel draw dan JPG berupa nota, x-banner, sertifikat, logo dan kartunama, dll senilai Rp. 300 rb

2. Lebih dari 30 jenis kertas senilai Rp. 250 rb

3. Gratis sampel cetakan dari Transmedia Syariah Jogja

4. Hemat waktu, murah, mudah dan biaya terjangkau

5. Free ongkir seluruh Indonesia

(SEMUA PAKET TERSEBUT HANYA RP. 150.000,- free ongkir)
Namun bila Tanpa DVD (hanya membeli buku koleksi kertas) senilai 99 rb free ongkir..

foto produk sampel kertas

 

foto produk sampel kertas


(Palembang, Banjarmasin, Pontianak, Tegal, Riau, Aceh, Solo, Jogja, Kediri, Kudus, dll)
Beberapa Rekan Percetakan atau yang ingin mengenal usaha percetakan yang membeli DVD desain, Buku Sampel Kertas dan Sampel Percetakan kami ..

KARENA KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN ANDA LEBIH BERHARGA BAGI KAMI

https://www.facebook.com/pages/Sahabat-Percetakan-Anda/165984076802723

Tidak ada komentar:

Posting Komentar